Friday, March 9, 2018

JOGJAGAMERS ROLEPLAY GAME LAYAKNYA DUNIA NYATA



Hallo guys.. kali ini gua ingin me rekomendasikan game yang menurut gua paling punya manfaat besar terhadap kehidupan kita di dunia ini so langsung aja kita bahas..


Jadi game ini basicnya adalah GTA San Andreas pasti kalian sudah tidak asing dengan game yang satu ini kan? GTA San Andreas juga memiliki salah satu mode onlinenya yakni dengan bantuan aplikasi SAMP (San Andreas Multiplayer) bisa dibilang portal untuk menuju ke server yang aktif. SAMP pertama kali release pada tanggal 10 May 2006 versi SAMP 0.1, versi terakhir yang diupdate oleh SAMP sampai saat ini adalah versi 0.3.7 sudah hampir 12 tahun SAMP tetap berjaya hingga saat ini dan playernya bila ditotal mungkin mencapai puluhan juta, bila dirata-ratakan 1 server ada 100 player dan servernya tak terhitung jumlahnya.

Di setiap server SAMP pastinya game modenya berbeda-beda contohnya seperti Roleplay, DeathMatch, Cops and robber dan masih banyak lagi... nah untuk server yang gua rekomendasikan saat ini game modenya adalah Roleplay alias bermain peran... Peran apa?! ya itu kalian yang memilih layaknya diri kalian di dunia saat ini atau biasa orang bilang hidup itu adalah pilihan...

Server roleplay sebenarnya sangat banyak yang berasal dari Indonesia TAPI server yang diunggulkan di Indonesia ini adalah JGRP (Jogjagamers Roleplay) kenapa diunggulkan?! ya sudah pasti manajemen di server ini jelas dan tertata rapi sehingga player merasa nyaman untuk bermain di server JGRP dan salah saatu server terbesar di Indonesia juga loh guyss.. dengan maksimal 350 player, selain dari itu kalau tidak salah server roleplay pertama di Indonesia adalah JGRP.

Apa yang kita lakukan bila bermain di server JGRP? seperti pada judulnya roleplay (bermain peran) disini kalian diminta untuk membuat nama dan kota asal itupun bersyarat loh guys!! ga bisa sembarangan jadi nama yang kalian buat harus masuk akal dan kota kelahiran juga harus sesuai dengan nama yang dimiliki,,, misalkan namanya Ahmad_Sutejo tidak mungkin nama ini berasal dari negara Amerika kan?! pasti bila melanggar akan dikenakan sanksi, biasanya kalau char baru akan di account banned dan diarahkan untuk membuat char baru dengan nama dan tempat lahir yang masuk akal. Sudah berhasil buat karakter, trus ngapain lagi??! yakk disini lah awal lu hidup dari 0 hanya bermodalkan beberapa uang di bank dan disaku... upss sebentar semua itu pasti ada rulesnya dan ga cuma 1 atau 2 doang tapi sangat amat banyak kalian bisa baca DISINI Kenapa sih peraturanya banyak?! Tujuan game ini adalah mem-virtualkan kehidupan di dunia asli jadi biar lebih realistis harus didampingi dengan rules,, contohnya saja bila kita main GTA offline ditabrak mobil 1 kali tidak akan ada efek kan? hanya darah saja yang berkurang dan dapat berdiri lagi,, tapi di server roleplay itu adalah salah satu pelanggaran yang sudah pasti ada sanksinya Apa sanksinya? kalau hanya seperti itu cuma di jail OOC (Out of character) paling lama 1 jam asli, belum tau apa itu OOC? di server rules ada, biar lebih jelas di Old rules karena di rules baru tidak ada penjelasan rules2 atau kalian bisa langsung ikut newbie school di In Game, biasanya setiap weekend akan diakan newbie school.

Intinya kalian main game ini benar2 seperti di dunia nyata, mulai dari 0 sampai sukses atau malah sebaliknya, disini ga cuma nyari uang kalian juga bisa bergabung dengan salah satu gangster, komunitas mobil/motor dll, atau bergabung dengan pegawai pemerintahan (Polisi, Medis, SAGS/Dishub kalo di indonesia), 11/12 dengan dunia asli, mau ngerampok pun juga bisa tapi ingat semua itu ada rulesnya kalian wajib memahami satu persatu rules yang ada di server JGRP, kalau tidak? ya terima saja hukumanya.. dan gua yakin akan cepat bosen kalau kalian tidak paham rules2nya karena melanggar dikit bisa di jail (seperti yg gua bilang tadi) mulai dari 30 menit - berjam-jam bahkan ada yang sampai setengah hari (12 jam) tergantung pelanggarannya dan setiap pelanggaran pasti mendapatkan 1 Warning Points, dan dikelipatan 5 pasti ada tambahan masa jail, bisa di cek di server rules tentang "About Warnings"

Kenapa gua rekomendasikan?! terutama gua udah paham seluk beluk tentang game ini, dan yang gua rasakan  selama kurang lebih 7 tahun gua bermain jauh lebih banyak positifnya ketimbang negatifnya, bahkan salah satu rules kita dianjurkan untuk jujur bila ketawan berbohong akan dikenakan pelanggaran (ada chatlog dan databse dari server, pembohong disini akan musnah) sanksinya ga main2 kalau tentang ini akan di banned dari server selama 3 hari. Gua juga belajar ngurus forum, membuat karangan tentang karakter gua, buat lamaran kerja dan interview (voice to voice menggunakan teamspeak pada jaman gua, tapi sekarang sepertinya udah discord) yang wajib menggunakan lamaran kerja dan interview adalah pegawai pemerintahan. gacuma itu yang lu lakuin, saat menjadi seorang pegawai pemerintahan lu wajib tanggung jawab apa tugas lu, seperti mengisi absensi di Forum, jam duty sesuai target dll kalo ga bisa ? ya lu bakalan di kick dari situ dan bisa2 characternya di ban dari seluruh pemerintahan alias gabisa jadi pegawai pemerintahan lagi,, dan gua pernah bergabung di staff admin Jogjagamers Roleplay (bukan pekerjaan character yahh, tapi ini ngurusin player2 di server JGRP) gapercaya? liat DISINI cari yang nicknya alimalim, udah retired karena gua memutuskan resign saat mendekati ujian nasional SMA, rasanya jadi admin sih pasti seneng karena otomatis yang punya wewenang  ditakuti oleh player tapi beban dan tanggung jawabnya jauh lebih berat, bahkan masuknya pun berat percobaan ke 3x baru bisa tembus saat itu, 2x umur belum cukup dan alhamdulillah saat umurnya cukup langsung lolos hehe :D, sainganya juga banyak dan bukan player2 newbie, dan yang interview ownernya langsung yang berwibawa dan sangat tegas, salah sedikit pasti di tolak mentah2. Walaupun gua sudah nggak main dikarenakan waktu untuk game udah sangat minim, tapi gua selalu mengenang apa yang gua dapet dari game ini, sampai2 gua bisa bikin forum saat gua kelas 3 SMP itu sesuatu hal yang luar biasa menurut gua bisa melangkah lebih maju dari teman-teman gua pada saat itu, dan gua yakin semua yang ada dibumi ini pasti punya manfaat yang mungkin orang memandangnya dengan sebelah mata. Sebenarnya yang gua ceritakan ini baru covernya karena gua yakin bisa menghabiskan 1 buah buku kalo gua tuangkan cerita ini...

Terimakasih yang sudah mampir dan membacanya, gua akan kasih sumbernya dibawah untuk info lebih lanjut tentang game ini.. sampai jumpa lagi!!

SUMBER : https://jogjagamers.org





1 comment: