Saturday, March 10, 2018

JENIS JENIS IKAN ARWANA


Hallo guys kembali lagi bersama gua disini, kali ini kita akan membahas ikan yang cantik nan anggun ini langsung aja...

Ikan arwana (Scieropages formosus) salah satu ikan hias asal asia tenggara yang sangat dibanyak diminati para pecinta ikan hias, ikan ini biasa disebut dengan ikan naga. Disebut demikian karena ikan arwana ini sering disangkut pautkan dengan naga dari mitologii tionghoa. Arwana masuk kedalam ikan air tawar dari keluarga Osteoglossidae dan termasuk hewan purba.

Yuk langsung saja kita lihat beberapa jenis ikan arwana yang ada di dunia ini...

1.Super Red
Ikan arwana jenis ini adalah Super Red asalnya dari Indonesia, jenis ini sangat mudah di temukan di daerah Kalimantan Barat, tepatnya di sungai Kapuas dan Sentarum. Tidak perlu repot-repot ke kalimantan untuk mendapatkan Super Red karena sudah banyak pecinta ikan arwana yang mengembangbiakan jenis ini 

2.Cross Back Golden

Untuk jenis yang satu ini bisa kita jumpai di negara tetangga yaitu Malaysia, tepatnya di daerah Johor, Perak, Danau Bukit Merah dan Trengganu.

3.Red Tail Golden (RTG)

Arwana jenis ini bisa kita temukan di wilayah Indonesia, yaitu di Sumatera dan Pekan Baru. Arwana ini termasuk ke dalam varietas Arwana Golden. Sifatnya lebih agresif dibandingkan dengan Cross Back Golden. Namun jenis ini tidak memiliki warna emas pada sisik yang melewati punggung, warna emas ini biasanya hanya mencapai baris ke empat atau lima

4. Golden Pino

Arwana jenis ini sering di temukan di negara Thailand, Malaysia, Myanmar, Kamboja, dan Indonesia
meskipun jenis ini tidak memiliki ring, namu memiliki warna yang cantik dengan warna hijaunya yang cerah, sirip ekornya merupakan kombinasi warna antara abu kehijau-hijauan, sedangkan pada bagian badan lebih dominan warna hijau semi perak.

5. Banjar

Arwana ini bisa dibilang jenis arwana merah kelas dua. Tapi jangan salah, ikan arwana ini bukan merupakan strain murni arwana merah hal itu ditunjukan dengan sirip yang berwarna orange atau kuning bahkan tidak sedikit pun warna merah pada bagian tubuhnya. Ikan arwana ini memiliki bentuk kepala yang membulat dengan mulut.

6. Jardini

Ikan arwana irian atau biasa disebut jardini memiliki warna dasar hitam kecoklatan dengan bintik bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, pada bagian ekor, pipi, dan siripnya juga terdapat bintik bintik ke-emasan. 

7. Arapaima Gigas
Arwana arapaima gigas merupakan ikan jenis air tawar terbesar di dunia dan masih memiliki hubungan kerabat dekat dengan arwana, pada saat usia dewasa panjangnya bisa mencapai 3 meter atau bahkan lebih dan beratnya bisa mencapai 200KG.

8. Silver Brazil
Arwana inilah yang paling sering dijumpai dikarenakan harganya cukup terjangkau, ikan ini sangat indah dipandang jika telah berukuran dewasa sekitar 50 cm hingga 60 cm. Bentuk tubuh ikan ini ramping dan memanjang,

9. Black Golden
Arwana ini termasuk jenis dari arwana golden, biasa terdapat di negara Malaysia daerah Johor, Trengganu, Perak dan Bukit Merah. Ikan ini sangat sulit didapatkan karena harganya jauh lebih mahal dari jenis arwana golden lainnya.

10. African
Ikan arwana dan silver sama-sama brasal dari Afrika, namun berbeda dengan jenis silver karena bentuk kepala arwana afrika ini lebih membulat dan memiliki sirip yang pendek.


Itulah guys jenis-jenis ikan arwana yang ada di bumi ini, mungkin kalo kalian penasaran ingin memelihara arwana pilihlah arwana yang memiliki harga terjangkau seperti Silver Brazil, karena ikan ini ikan yang mudah stres dan sensitif terhadap lingkungan yang baru.. dan harus merawatnya dengan baik bila tidak arwana akan stres yang mengakibatkan sakit dan mati. Sampai sini saja postingan gua kali ini terimakasih telah berkunjung semoga bermanfaat :) 



No comments:

Post a Comment