Friday, March 27, 2020

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER


 

1. Definisi Interaksi Manusia dan Komputer 

Interaksi manusia serta komputer ialah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi serta evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu ataupun lebih manusia serta satu atau lebih komputasi mesin. Agar komputer dapat diterima secara luas serta digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.


Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor untuk penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pada pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI juga mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya pada perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan ialah sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, serta implementasi sistem komputer interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya pada perancangan layout layar monitor.

2. Tujuan dari Interaksi Manusia Komputer

1.  Membuat sistem yang lebih:
·   Berguna (usable)
·   Aman
·   Produktif
·   Efektif
·   Efisien
·   Fungsional
2.  Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer
        Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency).

3. Media antarmuka manusia dan computer

 ·         Media Tekstual.
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.


·         Media GUI (Graphical User Interface).
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi dan lain-lain)


4. Bidang yang terlibat dalam manusia dan komputer

1.   Psikologis : Persepsi user, kemampuan memecahkan masalah.
2.   Ergonomic : Kemampuan fisik user.
3.   Sosiologi : Kemampuan memahami konsep interkasi.
4.   Ilmu komputer dan teknik : Membuat teknologi.
5.   Bisnis : Pemasaran.
6.   Desain grafis : Presentasi grafis.

SUMBER:
- SUMBER 1 
- SUMBER 2

No comments:

Post a Comment