1. Definisi Interaksi Manusia dan Komputer
Interaksi manusia serta komputer ialah suatu ilmu yang sangat berkaitan dengan disain implementasi serta evaluasi dari sistem komputasi iyang interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang ruang lingkupnya, ada interaksi antara satu ataupun lebih manusia serta satu atau lebih komputasi mesin. Agar komputer dapat diterima secara luas serta digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik.
Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari
antarmuka pengguna sebagai faktor untuk penentu keberhasilan dalam pemasaran
produknya. Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pada
pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI juga
mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak
hanya pada perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan ialah sebagai disiplin ilmu yang
berhubungan dengan perancangan, evaluasi, serta implementasi sistem
komputer interaktif untuk dapat digunakan oleh manusia serta studi tentang
fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog
dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya pada
perancangan layout layar monitor.
2. Tujuan dari Interaksi Manusia Komputer
1.
Membuat sistem yang lebih:
·
Berguna (usable)
·
Aman
·
Produktif
·
Efektif
·
Efisien
·
Fungsional
2.
Meningkatkan interaksi antara manusia dgn sistem komputer
Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman
(safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut
bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility),
ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya
(eficiency).
3. Media antarmuka manusia dan computer
·
Media Tekstual.
Adalah ”bentuk sederhana dialog atau komunikasi antara manusia dan
komputer yang hanya berisi teks dan kurang menarik”. Salah satu contoh
antarmuka manusia dan komputer berbentuk teks yang menggunakan bahasa
pemrograman PASCAL adalah readln dan writeln.
·
Media GUI (Graphical User
Interface).
Adalah ”bentuk dialog atau komunikasi antara manusia dan komputer yang
berbentuk grafis dan sangat atraktif”. Contoh antarmuka manusia dan komputer
yang berbentuk grafis menggunakan pemrograman visual (Visual Basic, Visual
Foxpro, Delphi dan lain-lain)
4. Bidang yang terlibat dalam manusia dan komputer
1. Psikologis :
Persepsi user, kemampuan memecahkan masalah.
2. Ergonomic :
Kemampuan fisik user.
3. Sosiologi :
Kemampuan memahami konsep interkasi.
4. Ilmu
komputer dan teknik : Membuat teknologi.
5. Bisnis :
Pemasaran.
6. Desain
grafis : Presentasi grafis.
No comments:
Post a Comment